• Kumpulan Resep Nusantara Dan Mancanegara. Baca, Coba Dan Nikmati!

    Resep Membuat Bolu Kukus


    Bolu Kukus

    Cara Membuat Bolu Kukus 

    Membuat Bolu Kukus sendiri dirumah tidaklah sulit. Bahan-bahan membuat kue juga mudah dan relatif murah. Jenis Masakan Kue yang satu ini termasuk jenis kue-kue kukus yang mudah dan praktis. 

    Berikut ini cara membuat kue sederhana tetapi enak dan lembut:
     

    Bahan-bahan Membuat Kue Bolu Kukus:


    • 5 butir kuning telur
    • 4 putih telur
    • 250 gram gula pasir
    • 300 gram tepung terigu
    • ½ sdt soda kue
    • 175 cc air soda (Sprite/7Up)
    • ½ sdt vanilla
    • 1 sdm coklat bubuk untuk pewarna
     
    Cara Membuat bolu kukus:
    • Alasi ± 20 cetakan bolu kukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
    • Kocok telur, gula dan vanilla sampai kental dan naik lalu masukkan bergantian, ½ bagian tepung, ½ bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata.  Ambil 5 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.
    • Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi coklat bubuk.
    • Tutup panci kukusan, masak ± 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutupnya.  Kukus hingga matang dan merekah, selama ± 25 menit. Tunggu hingga dingin dan kue jajanan ini siap dihidangkan.
    Tips: Buat Bolu Kukus pada waktu pengukusan jangan membuka tutup panci karena bolu yang dihasilkan menjadi tidak mengembang dan menjadi tidak lembut. dan setelah api dimatikan tunggu hingga kira-kira 15 menit baru panci dapat dibuka, hal ini membuat bolu kukus mengembang sembpurna.
     
    Baca artikel lainnya Resep Roti Dan Cake

    Selamat mencoba. :)
    Jangan Lupa Di Like Dan Tinggalkan Komentar Ya kalau suka Artikelnya.

    2 komentar:

    1. Ada pertanyaan niy. Kenapa ya bolu kukus saya bisa tertawa alias merekah bagus, tapi begitu dikeluarkan dari kukusan langsung mengkerut dan bantat? apa karena tepungnya saya simpan dalam freezer? saya suka menyimpan tepung dalam freezer karena kalau tidak udara lembab di daerah saya menyebabkan tepung cepat sekali bulukan dan berkutu.
      Di bagian tips disebutkan kalau setelah api dimatikan tunggu 15 menit baru boleh dibuka. Berarti hanya bisa bikin 1 batch saja dan sekali kukus. Repot juga ya, padahal kukusan saya cuma bisa muat maksimum 5 mangkuk cetakan bolu kukus ukuran sedang.
      Kalau di Indonesia kan ada yg 'segitiga biru', 'cakra kembar' dan satu lagi yg gambar kunci, tepung terigunya yang mana ya yg bisa dipakai untuk bolu kukus ini?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terimakasih atas pertanyaannya. Pertama tepung tidak perlu dimasukkan di dalam freezer, cukup di dalam kulkas saja apabila segel telah dibuka. Dan memang benar bila bolu kukus yang telah matang tidak boleh langsung dikeluarkan dari panci pengukus karena bolu bisa menjadi bantat alias gagal. Sesuaikan ukuran panci dengan kebutuhan. Bila anda ingin membuat sekaligus banyak gunakan panci kukus yang bertingkat atau dengan diameter yang lebih besar. Pada dasarnya tepung terigu dibedakan memjadi 3 macam. Terigu protein tinggi yaitu cakra kembar, terigu protein sedang yaitu segitiga biru, sedangkan kunci biru terigu berprotein rendah. Untuk kunci biru biasa digunakan untuk membuat kue kering, sedangkan untuk cake dan roti biasa menggunakan terigu berprotein sedang dan tinggi. Karena semakin tinggi protein semakin lembut roti yang dihasilkan. Semoga bermanfaat.

        Hapus

     

    Blogger news

    About

    MetaR - Find me on Bloggers.com

    Blogroll